Kamis, 09 Maret 2017

BMW S1000RR

haloo haloo semua balik lagi di blog saya dunia motor... heheh, di blog kali ini saya ingin membahas moge lagi mungkin pada post post berikutnya saya masih akan membahas moge moge lainnya, moge yang saya ingin bahas kali ini yaitu BMW S1000RR

BMW S1000RR adalah motor sport yang awalnya dibuat oleh BMW Motorrad untuk bersaing di 2009 Superbike World Championship, yang sekarang dalam produksi komersial. Saat itu diperkenalkan di Munich pada bulan April 2008, dan didukung oleh mesin berkapasitas 999 cc (61,0 cu in) inline-4 mesin redlined di 14.200 rpm.
BMW membuat S1000RR pada tahun 2009 untuk memenuhi kebutuhan homologasi World Superbike, tetapi memperluas produksi untuk penjualan komersial dari sepeda pada tahun 2010. Ini memiliki sistem pengereman anti-lock, standar, dengan opsional kontrol traksi elektronik. Memiliki berat basah 207,7 kg (458 lb), dan menghasilkan 133,6 kW (179,2 hp)  13.250 rpm di roda belakang.

Perusahaan asal Jerman yang satu ini merupakan salah satu produsen otomotif ternama dunia dengan produk-produk terpopulernya ialah mobil. Akan tetapi perusahaan yang sudah lama bergerak dibidang otomotif ini ternyata juga memproduksi kedaraan dengan jenis Sepeda Motor. Produk kendaraan roda dua yang di buat oleh perusahaan BMW ini tidak kalah baiknya dengan kendaraan-kendaraan roda dua buatan negri Jepang yang sangat populer di setiap negara seperti Honda, Kawasaki dan Yamaha.
Mengusung nama BMW S1000RR motor dengan disain superbike dari BMW ini telah dilengkapi dengan mesin motor yang berkapasaitas 1000 cc. Mesin tersebut mampu memberikan tenaga motor yang lebih bertenaga dan lebih kencang dalam melakukan akselerasinya. Terlebih motor BMW S1000RR ini telah dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih yang saat ini sedang berkemang seperti teknologi Injeski sebagai sistem penyuplai bahan bakar serta beberapa fitur modern yang akan membuat perfoma motor BMW S1000RR ini makin optimal.
Motor sport BWM S1000RR ini memang sangat terkenal dan juga sangat populer akan perfoma dan ketangguhannya di kalangan pecinta otomotif dalam negri bahkan hingga seluruh dunia. Bukan hanya itu saja motor yang merupakan motor superbike andalan BMW ini juga merupakan salah satu motor yang masuk dalam jajaran motor paling cepat didunia saat ini. Sementara itu motor yang memiliki desain full fairing ini juga telah mendapatkan penghargaan sebagai “Sport Bike Of The Year”, di tahun 2012 yang lalu.
SPESIFIKASI
Mesin
  • Tipe mesin : Water/oil-cooled 4-cylinder 4-stroke in-line engine, four titanium valves per cylinder, two overhead camshafts
  • Kapasitas mesin : 999 ccm
  • Sistem Pendingin : cairan (Liquid Cooled)
  • Diameter X Langkah : 80 mm x 49,7 mm
  • Perbandingan Kompresi : 13,0 : 1
  • Max power : 146 kW/13.500 rpm
  • Max Torsi : 113 Nm/10.500 rpm
  • Sistem transmisi : costant-mesh 6 speed
  • Tipe kopling : Multiplate clutch in oil bath, anti-hopping clutch, mechanically controlled
  • Engine management : Electronic injection
  • Emisi : Closed-loop 3-way catalytic converters, EU-3 norm with electronically controlled interference pipe
Dimensi
  • Panjang : 2.050 mm
  • Lebar : 826 mm
  • Tinggi : 1.140 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.438 mm
  • Tinggi tempat duduk : 815 mm
  • Berat kosong : 178 kg
  • Kapasitas bahan bakar : 17,5 liter
Rangka
  • Tipe Frame : Aluminium composite bridge frame, partially self-supporting engine
  • Suspensi Depan : Upside-down telescopic fork Ø 46 mm
  • Suspensi Belakang : Aluminium 2-sided swing arm
  • Rem Depan : Twin disc brake, floating brake calipers, 4-piston fixed caliper, diameter 320 mm
  • Rem belakang : Single disc brake, single piston floating caliper, diameter 220 mm
  • Rim Depan : 3.50 x 17″
  • Rim Belakang : 6.00 x 17″
  • Roda Depan : 120/70 ZR 17
  • Roda Belakang : 190/55 ZR 17
Kelistrikan
  • Alternator : 350 W
  • Batteray : 12 V 7 Ah


DESAIN DAN DIMENSI

Mengusung desain motor superbike dengan full fairing yang menutupi sebagian kerangka dan juga mesin pada motor BMW S1000RR ini, membuat motor yang memiliki kapasitas mesin 1000 cc ini menjadi nampak lebih gagah dan lebih keren dibandingkan dengan desain motor-motor pada umumnya. Apalagi motor ini juga di lengkapi dengan desain tangki motor yang cukup besar dan mampu menampung sekitar 17,5 liter bahan bakar. Desain tangki pada motor BMW kali ini dikombinasikan dengan desain tempat duduk pengendara yang di buat lebih rendah dari tangki motor dan juga jok belakang, sehingga mampu meciptakan handling yang lebih mantap.

Sementara itu dengan posisi stang motor yang cukup ideal akan memberikan kemudahan pada pengendara dalam mengendarai motor BMW S1000RR ini. Dari struktur tubuh motor BMW S1000RR ini memiliki panjang motor yang mencapai 2.050 mm dengan panjang motor 826 mm dengan ketinggian motor 1.140 mm. Dengan ukuran dimensi sebesar itu maka keseimbangan motor BMW S1000RR ini lebih stabil, apalagi motor ini memiliki cc yang cukup besar dan dengan ukuran dimensi sebesar itu maka keseimbangan motor akan lebih terjaga meskipun saat dipacu dengan kecepatan tinggi sekalipun.


PERFORMA MESIN

BMW S1000RR ini memiliki performa mesin yang sangat tangguh. Motor superbike asal negri Jerman yang diproduksi oleh perusahaan dengan nama BMW ini di bekali dengan mesin motor dengan kapasitas 1000cc (999cc). Selain itu motor sport besutan BMW ini juga dilengkapi dengan mesin 4 tak dengan 4 cilynder yang dikombinasikan dengan sistem DOHC 4 valve dengan sistem pendinginan berupa cairan (Liquid Cooled). Dan dengan menggunakan jenis mesin tersebut motor BMW ini mampu menghasilakn tenaga motor sebesar 146 kW dengan putaran mesin mencapai 13.500 rpm.



Dengan tenaga motor sebesar itu motor BMW S1000RR ini akan menjadi lebih bertenaga, apalagi didukung dengan torsi yang mencapai 113 Nm dengan putaran 10.500 rpm. Motor ini memang terbilang cepat dalam melakukan akselerasinya, hal ini dibuktikan dengan dalam waktu sekitar 3,1 detik motor sport ini mamapu menempuh jarak mulai dari 0-100 km/jam. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya motor BMW S1000RR ini mampu mencapai top speed sebesar 305 km/jam. Kemampuan untuk berakselerasi dengan kecepatan yang tinggi ini tidak lepas dari beberapa teknologi canggih yang terpasang pada motor BMW S1000RR ini, seperti tekonologi Full Injeksi yang membuat motor sport ini menjadi lebih irit dan bertenaga.


SUSPENSI DAN KAKI-KAKI

Dengan kapasitas mesin motor yang cukup tinggi membuat pihak BMW pun memberikan beberapa jenis suspensi yang terbukti tangguh dan handal dikelas motor sport. Dengan memakai jenis suspensi Telescopik dengan diameter 46 mm dan memakai suspensi dengan jenis Swing arm dengan bahan Alumunium membuat kenyamanan dari motor sport ini menjadi lebih mantap, terlebih ketika sedang melewati lintasan yang bergelombang dengan kondisi aspal yang tidak rata. Kedua jenis suspensi tersebut dipadukan dengan frame (rangka) yang kuat dan kokoh berbahan Alumuniun baja. Dengan jenis rangka tersebut kenyamanan dalam berkendara anda pasti akan lebih nikmat dan lebih nyaman.

Memakai jenis ban Tubeless dengan ukuran 120/70 ZR  untuk bagian depan dan ukuran ban 190/55 ZR untuk ban belakang serta memakai ukuran velg 17 Inchi menjadikan spake yang dihasilkan motor ini akan menjadi lebih mantap sehingga kecepatan pada motor pun akan menjadi lebih maksimal. Untuk sistem keselamatan BMW S1000RR ini dilengkapi dengan sistem pengereman berteknologi ABS yang mampu memberikan daya cengkram yang lebih kuat pada rem motor BMW S1000RR ini.

FITUR

Untuk fitur, motoR ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur modern nan canggih yang akan membuat perfoma motor sport ini menjadi lebih optimal. Beberapa fitur tersebut adalah seperti Panel instrumen dengan jenis digital dan analog, Dinamic Damping Control (DDC), Shift Assistant Pro (SAP), Rading Mode, dan Dinamic Traction Control (DTC). Dengan beberapa fitur canggih tersebut akan membuat perfoma motor sport ini makin maksimal dan makin keren. Jadi tidak heran jika di Indonesia harga BMW S1000RR ini terbilang mahal dan tidak semua orang bisa memiliki motor sport nan keren yang satu ini.


Okee sampe sini dulu pembahasan saya mengenai BMW S1000RR ini, semoga kalian suka dengan isi blog saya ini, sampe jumpa di blog-blog berikutnyaa cawww,,,





Share:

0 komentar:

Posting Komentar