Selasa, 14 Maret 2017

New Kawasaki ZX10R

Haloo semuanya kembali lagi di blog saya hihih, pada postingan kali ini saya akan membahas moge dari Kawasaki yaitu New Kawasaki ZX10R

New kawasaki zx-10r versi 2016 ini resmi dibuka secara gamblang kain penutupnya di negeri matador, Spanyol. 

ZX10R merupakan motor Superbike Kawasaki, tampilan dari Kawasaki ZX10R ini masih0menggunakan konsep yang kental ala motor balap (racy) dengan menggunakan body yang full fairing, headlamp dengan windshield dan juga bagian model belakang meruncing. yang menariknya, tail lamp yang digunakan di belakang sudah menggunakan jenis LED denga 9 bola lampu sehingga pencajayaan di belakang lebih terang.

Kemudian, dengan desain nya yang masih mengikuti konsep model sebelumnya, sudah barang tentu hal ini langsung menepis prediksi dari majalah kenamaan asal jepang "Young Machine" yang sebelumnya menggambarkan, bahwa sosok dari si sang kuda besi ini nantinya akan berubah & menganut basis desain dari si supercharger kawasaki, ninja H2.


DESAIN

Seperti yang sudah saya bilang diawal tadi, konsep desain yang dianut oleh ninja zx-10r versi 2016 masih sama seperti model pendahulunya. Hanya saja ada beberapa bagian yang tampaknya dirombak guna mendongkrak tampilannya agar menjadi kian sporty dan futuristik.

Bagian-bagian yang berubah diantaranya desain kepala (head) yang mana sekarang tak terlalu meruncing dan desain matanya juga semakin tajam. Lalu juga sekarang windshield (kaca pelindung) nya telah menyatu dengan fairing depan layaknya motor balap. Speedometer dengan tambahan menu baru. lalu spakbor depan kian sporty dengan adanya lubang udara.

Lanjut ke bagian belakang, tak seperti model sebelumnya bentuk buritan kini menjadi lebih lancip dan aura sporty sangat kental terasa. Kemudian untuk versi 2016 ini muffler alias knalpot nya sendiri telah didesain ulang dengan bentuk yang lebih kecil dan ram8ping bermaterialkan titanium.



PERFORMA MESIN

Mesin berkapasitas 998cc, 4 Silinder, 4 Tak, 4 Katup, teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Namun untuk Ninja ZX10R versi 2016, dapur pacu nya telah mendapatkan update yang cukup siginifikan.

Beberapa diantaranya adalah digunakannya silinder head dan crank baru yang lebih ringan 20 % dari pendahulunya, piston baru yang lebih ringan dan pendek serta lebih tahan terhadap panas, ruang pembakaran baru, intake dan knalpot titanium baru, revisi profil cam, dinding silinder dibuat menjadi lebih tebal, air box baru dengan volume 60% lebih luas, serta perbaikan pada pipa pendingin.

Performa dari Kawasaki Ninja ZX10R versi 2016 pun menjadi semakin meningkat. Diatas kertas, motor supersport ini memiliki power maksimal mencapai 147.1 kW (200 PS) / 13000 min ( dengan RAM Air mencapai 154.4 kW (210 PS) / 13000 min) dengan torsi maksimal  sebesar 113.5 Nm (11.6 kgf.m) / 11500 min. Oh ya, dengan revisi ini juga lah mengantarkan motor ini lulus dalam uji emisi EURO 4.



RANGKA

Kawasaki Ninja ZX10R versi 2016 dibangun dengan rangka yang sama seperti pendahulunya yakni tipe Alumunium Perimeter. Hanya saja untuk versi terbaru ini, rangkanya telah mendapatkan revisi dimana posisi mesinnya sekarang dibuat 7,5 mm lebih dekat kepada pengendara. Hal ini dimaksudkan supaya beban itu lebih condong ke area depan sehingga motor menjadi lebih stabil serta menjadi lebih leluasa ketika menikung atau berbelok.

Revisi pun tak sampai itu saja kawan, bagian Swing Arm (Lengan Ayun) pun juga tak luput dari ubahan. Swing Arm yang digunakan kini telah dipanjangkan 15,8 mm, yang mana berimbas pada jarak sumbu roda yang semakin panjang 12 mm. Hal ini ditujukan agar bobot bisa lebih terkonsentrasi ke area depan, sehingga membuat motor menjadi lebih stabil utamanya saat melakukan pengereman dan juga ketika melewati tikungan.


SUSPENSI

kawasaki Ninja ZX10R versi 2016 mengaplikasikan suspensi baru hasil pengembangan dari tim Kawasaki dan Showa di World Superbike Racing. Suspensi depan memakai Inverted Balanced Free Fork (BFF) berukuran 43 mm dengan gas canister, yang mana bisa diatur / disesuaikan kompresi dan rebound nya sesuai dengan kebutuhan.


Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan Balanced Free Rear Cushion (BFRC) yang juga hasil join team kawasaki dan pabrikan Showa. Dan layaknya depan, suspensi belakang juga bisa disesuaikan kompresi dan rebound nya sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Sektor pengereman juga mendapatkan revisi dari kawasaki. Berbeda dengan ZX10R versi 2015, Ninja ZX10R model 2016, dibekali dengan rem cakram baru. Di sektor depan menggunakan cakram ganda 4 kaliber piston berdiameter 330 mm dari Brembo, sedangkan sektor belakang dipersenjatai dengan cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 220 mm dari pabrikan Nissin.

Dan tak ketinggalan, ada juga Teknologi KIBS (Kawasaki-Intelligent Anti-Lock Braking System) untuk pengereman yang maksimal. Yang mana membuat motor ini cukup aman meskipun ketika kita mau mengajaknya berlari dengan sangat kencang

BAN

Ninja ZX10R 2016 masih menggunakan velg alumunium pola tiga jari dengan ukuran 17 inchi sama seperti pendahulunya. Hanya saja daerah pemasangan rem telah direvisi yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas motor. Dan yang menarik, ternyata ubahan tersebut menganut konsep pengereman yang dimiliki oleh motor nomer wahid milik kawasaki yakni ninja H2 dan H2R.

Tak sampai itu saja, selain pengereman, Kawasaki Ninja ZX10R versi 2016 juga mengadopsi jenis ban yang sama dengan H2 dan H2R yakni Bridgestone Battlax RS10. Yang mana ukurannya masih sama seperti model 2015 yakni depan 120/70 ZR17 & belakang 190/55 ZR17.

ELECTRONIC

Kawasaki Ninja ZX10R model 2016 ini dibekali dengan elektronik terbaru seperti Bosch IMU (Inertial Measurement Unit), Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), Sport-Kawasaki TRaction Control (S-KTRC), Kawasaki Intelligent Anti-Lock Braking System (KIBS), Ohlins Electronic Steering Damper serta ada Engine Power Mode.

SPESIFIKASI 

1. Dimensi
  • Panjang keseluruhan motor adalah 2090 mm.
  • Lebar keseluruhan 740 mm .
  • Tinggi nya mencapai 1,145 mm .
  • Jarak terendah ketanah adalah 145 mm .
  • Jarak sumbu antar kedua roda adalah  1440 mm.
  • Tinggi tempat duduk atau jok adalah 835 mm .
  • Berat kosong motor ialah 206 kg.
  • Kapasitas bahan bakar dalam kondisi penuh adalah 17 liter.
2. Rangka
  • Dibangun dengan menggunakan rangka tipe Alumunium Perimeter.
  • Suspensi depan menggunakan tipe 43 mm Inverted Balanced Free Fork, Adjustable stepless rebound and compression damping, spring preload adjustability / 4.7 in.
  • Suspensi belakang menggunakan Horizontal Back-Link with balance free gas-charged Shock, stepless, dual-range (low-/high-speed) compression damping , stepless rebound damping, fully adjustable spring preload / 4.5 in.
  • Ukuran roda depan : 120/70 ZR17 sedangkan untuk roda belakang : 190/55 ZR17.
  • Rem depan : Cakram ganda 4 kaliber piston berdiameter 330 mm dari Brembo serta dilengkapi pula dengan teknologi KIBS & ABS.
  • Rem belakang : Teknologi KIBS dengan cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 220 mm.
3. Mesin
  • Tipe mesin : 998cc, 4 Silinder, 4 Tak, 4 Katup, teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter x langkah nya : 76 mm x 55 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio : 13 : 1.
  • Sistem Bahan Bakar yang digunakan DFI dengan 4 x 47 mm Keihin Trottle Bodies with oval sub-throttles, 2 Injector per Silinder.
  • Sistem pengapian : TCBI with digital advance and sport -kawasaki traction control (S-KTRC).
  • Power maksimal yang dihasilkan mencapai 147.1 kW (200 PS) / 13000 min ( dengan RAM Air mencapai 154.4 kW (210 PS) / 13000 min.
  • Torsi maksimal : 113.5 Nm (11.6 kgf.m) / 11500 min. 
  • Emisi CO2 : 162 g/km.
  • Konsumsi bahan bakar : 5.9 L / Km.
  • Tipe transmisi 6 kecepatan, sealed chain.
  • Electronic Rider Aids : Kawasaki Launch Control (KLCS), Kawasaki Intelligent Braking (KIBS), Kawasaki Sport Traction Control (S-KTRC), Kawasaki Engine Braking Control (KEBC), Quick Shifter (KQS).
Okee mungkin sampe sini aja dulu pembahasan saya mengenai New Kawasaki ZX10R, sampe jumpa di blog-blog berikutnya cawww





Share:

0 komentar:

Posting Komentar