Rabu, 15 Maret 2017

Yamaha MT-10

Haloo semuanya balik lagi di blog saya yee, okee pada blog kali ini saya masih ingin membahas moge neked, moge neked yang saya akan bahas kali ini adalah moge neked dari Yamaha yaitu Yamaha MT-10

Yamaha MT-10 adalah versi street fighternya dari si Yamaha YZF R1 dan tentunya si MT ini mengandung dna dari superbike namanya sudah sangat terkenal di dunia tersebut.

Dengan hadirnya Yamaha MT-10 ini berarti keluarga MT-series sekarang itu bisa dibilang sudah lengkap untuk saat ini.

Mulai dari kelas yang kapasitas mesinnya rendah 250cc hingga yang yang paling besar yakni 1000. Lalu mengingat kelas atau kastanya yang tertinggi dari keluarga MT lainnya maka tak heranlah jika si street fighter ini pantas disebut sebagai King MT-series untuk saat sekarang ini. Julukan lainnya yang juga di tujukan pada MT 10 ini adalah "Master of Torque".

DESAIN

Melihat dari penampakannya, langsung bisa dipastikan wujud dari MT-10 ini bisa dibilang beda sekali sama keluarga MT series lainnya. Bahkan lebih keren dan gagah dibandingkan sama adik-adiknya yakni MT-07 dan MT-09. Penampilannya itu jika diperhatikan secara serius boleh dibilang kaya robot alien yaa emang sih yaa ada mirip miripnya gitu.


Ergonomi Nyaman Ala MT Series

Sektor ergonomi milik MT-10 bisa dibilang nyaman dan tak seperti punyanya Yamaha YZF R1. Posisi berkendaranya tegak, hal ini dipengaruhi segitiga ergonomi yang berkesinambungan antara Stang, tempat duduk (jok) serta pijakan kaki alias footstep. Tak lepas juga tangki dengan bentuk yang besar & posisinya lebih tinggi serta lekukan yang pas di lutut membuat pengendara bisa mencengkeram motor ini dengan sangat baik.

Chassis Adopsi Yamaha YZF R1

Pembangunan motor streetfighter MT-10 memakai chassis yang diadopsi dari R1. Yakni masih tetap memakai Frame Deltabox Alumunium. Namun telah mengalami beberapa oprekan oleh pihak yamaha sehingga lebih ringan dari milik sang superbike tersebut. Tak cuman itu saja, frame baru tersebut juga lebih fleksibel sehingga lebih memudahkan si pengendara buat mengendalikan motor ini dijalanan.

Frame tersebut layaknya R1 dikombinasikan sama Swing Arm Alumunium. Namun menariknya, ukuran whellbase milik MT 10 ini berbeda, agak lebih pendek dari sang superbike. Jika R1 punya wheelbase 1405 mm, maka si streetfighter ini punya 1400 mm. Pemangkasan ini sepertinya ditujukan agar balance dari sang kuda besi ini bisa bagus & manuver saat menikung juga lebih baik.

SUSPENSI DAN REM

MT-10 mengadopsi suspensi yang kurang lebih sama dengan YZF R1. Mengapa disini tidak dibilang sama, alasannya ya memang karena genrenya itu sudah beda. MT adalah streetfighter sedangkan R1 adalah superbike. Jadinya memang milik "Master of Torque" ini sudah di buat khusus untuk menunjang aura streetfighter nya itu sendiri.


Namun intinya adalah MT-10 memakai suspensi yang tercipta dari pengembangan suspensi yang dipakai oleh R1. Suspensi tersebut untuk yang bagian depan memakai garpu teleskopik 43 mm sedangkan belakang memakai monoscross yang terhubung sama swing arm alumunium. Dan kedua suspensi tersebut diberi kemampuan pengaturan (adjustable) untuk menunjang performa yang optimal.

Yamaha MT-10 ini dipersenjatai dengan sistem pengereman yang optimal. Di sektor depan terpasang rem cakram hidrolik ganda 320 ukuran mm 4 kaliber piston. Dan untuk area belakang dilengkapi sama rem cakram hidrolik tunggal 220 mm. Kemudian sebagai penyempurna terpasang juga teknologi Anti-Lock Braking Sytem atau yang lebih dikenal dengan ABS.

PERFORMA MESIN

Yamaha MT-10 ini memakai mesin yang sama dengan Yamaha YZF R1. Yakni mesin 4 silinder crossplane dengan kapasitas 998 cc bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Mesin ini sama dengan sang superbike yakni tipe over bore dengan rincian ukuran bore x stroke : 79 mm x 50,9 mm.


Tapi sekali lagi mengingat genrenya beda, maka spesifikasi mesinnya pun agak dibedakan. Misalnya saja, jika kompresi rasio milik R1 adalah 13 : 1, maka MT 10 dipangkas jadi 12 : 1. Lalu untuk urusan power dan torsinya, MT 10 agak lebih smooth ketimbang milik R1.

Yamaha YZF R1 memiliki power puncak hingga 147.1 kW (200PS) / 13.500 rpm dengan torsi maksimum 112.4 Nm (11.5 kg-m) / 11.500 rpm. Sedangkan MT 10 punya power maksimal direntang 118 kW (160.4 PS) / 11 500 rpm dan torsi maksimum 111 Nm (11.3 kg-m) / 9000 rpm.

FITUR

MT-10 di lengkapi sama panel istrumen yang canggih dan multi fungsi. Bentuknya kotak dengan layar LCD serta memiliki latar warna putih agak kecoklatan sedikit sehingga cukup jelas saat dibaca. Kalau untuk isinya ada indikator kecepatan, indikator bahan bakar, rpm meter, jam, indikator 3-MODE, indikator suhu dan lain-lain.

Terlahir dengan gen Yamaha YZF R1 ternyata membuat MT-10 ini kebagian beberapa perangkat elektronik canggih dari superbike utama kenamaan yamaha tersebut. Diantaranya ada Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) yang berguna untuk memberikan kemudahan dalam pengaturan kestabilan kecepatan, utamanya diatas 50 km/jam.

Selanjutnya ada Yamaha D-MODE System dengan 3 pilihan pengaturan mesin untuk berkendara, lalu ada Traction Control System (TCS) dengan 3 level / tingkatan. Ada Assist and Slipper (A&C) clutch untuk kemulusan dalam akselerasi dan decelerasi. Serta ada 12 V DC Outlet untuk mengakomodasi berbagai macam aksesoris tambahan.

Lampunya sendiri memakai lampu ganda tipe LED. Kemudian bukan hanya lampu depanya yang menggunakan LED, lampu sein serta Stoplamp juga sudah memakai LED.

WARNA

Motor street fighter jagoan baru yamaha ini, di negara eropa ditawarkan dengan 3 varian warna yang keren yakni abu-abu, biru dan terakhir hitam. Untuk negara indonesia sendiri hingga saat ini belum ada kepastian kapan si street fighter ini bakal berkunjung, namun ada kemungkinan sih MT-10 ini bakalan datang. Soalnya beberapa anggota MT juga sudah ada disini, contohnya saja MT-25 sama MT-09.
Jadi yaa di tunggu saja yaa kapan kedatanganya.



SPESIFIKASI

1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan mencapai 2095 mm.
  • Lebar nya 800 mm.
  • Tinggi hingga 1110 mm.
  • Jarak terendah ketanah 130 mm.
  • Jarak sumbu antara kedua roda adalah 1400 mm.
  • Kapasitas tangki bahan bakar mencapai 17 liter.
  • Kapasitas minyak pelumas sebanyak 3,9 liter.
2. CHASSIS
  • Memakai rangka tipe Alumunium Deltabox. 
  • Suspensi depan Teleskopik Fork berdiameter 43 mm, sedangkan suspensi belakang Swing Arm (Link Suspension).
  • Rem depan memakai cakram hidrolik ganda berdiameter 320 mm, lalu untuk yang belakang menggunakan cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm. Kedua rem berasal dari pabrikan Nissin dan telah mengusung teknologi ABS.
  • Roda depan berukuran 120/70 ZR17 M/C (58W), sedangkan roda belakang berukuran 190/55 ZR17 M/C (75W).
3. MESIN
  • Kapasitas mesin 998cc, DOHC, 4-Stroke, 4 Valve bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Bore x Stroke : 79 mm x 50.9 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio adalah 12 : 1.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection.
  • Pengapian memakai TCI.
  • Tranmsisi tipe Constant Mesh 6 kecepatan.
  • Tipe kopling : Wet, Multiplate Clutch.
  • Maximum power yang dihasilkan mencapai 118 kW (160,4 PS) / 11 500 rpm.
  • Torsi maksimum mencapai 111 Nm (11,3 kgf.m) / 9000 rpm.
  • Emisi CO2 185 g/km.

Okee sampe sini aja dulu mungkin  yaa pembahasan saya mengenai MT-10, sampe jumpa di blog-blog berikutnya cawww




Share:

0 komentar:

Posting Komentar